Mengapa Harga Pembedahan Bariatrik Mahal?

Metode operasi bariatrik memang cukup digemari oleh para penderita obesitas di Indonesia. Sebagai metode baru pengurangan risiko penyakit karena obesitas, metode bariatrik juga dapat memperbaiki pola hidup. Namun, harga pembedahan / bedah bariatrik di Indonesia masihlah cukup tinggi untuk ukuran biaya kesehatan rata-rata di Indonesia.

Apakah Anda tahu alasan mengapa harga pembedahan bariatrik mahal? Simak beberapa alasan lengkap dan detailnya sebagai berikut

Harga Pembedahan Bariatrik

Umumya, Anda harus mengeluarkan biaya dikisaran Rp 45 Juta hingga Rp 130 Juta untuk operasi bariatrik dan perawatan pasca operasi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakuan operasi bariatrik harap berkonsultasi dengan ahlinya, seperti Digestihealth Bariatrics.

Alasan Harga Pembedahan Bariatrik Mahal

Metode serupa yakni sedot lemak pun memiliki biaya yang tidak berbeda dengan harga pembedahan bariatrik. Dalam metode pembedahan bariatrik memerlukan dokter bedah spesialis yang mumpuni serta berpengalaman. Selain itu peralatan yang menunjang operasi bariatrik cukup mahal dan umumnya hanya dipakai dan dipesan oleh rumah sakit-rumah sakit besar saja.

Hal ini dikarenakan, masih banyak alat kesehatan yang belum dapat diproduksi di Indonesia.  Berikut beberapa alasan mengapa harga pembedahan bariatrik di Indonesia mahal.

Tidak banyak dokter spesialis bedah bariatrik

Harga Pembedahan Bariatrik terbaru

Operasi bariatrik tidak dapat Anda lakukan di sembarang rumah sakit. Hanya rumah sakit yang memiliki dokter-dokter bedah terbaiklah dan memiliki bukti spesialis bariatriklah yang berhak bertanggung jawab atas operasi Anda. Di rumah sakit besar, setidaknya harga kamar pasien per malamnya akan memiliki harga dua atau tiga kali lipat dari rumah sakit biasa, hal ini disebabkan karena kualitas dari peralatan, privasi, keamanan, dan layanan cepat tanggap yang lebih baik.

Peralatan metode bariatrik masih impor

Di Indonesia masih banyak alat kedokteran yang belum dapat diproduksi di dalam negeri. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi hal tersebut. Khusus untuk metode bariatrik yang tergolong baru,  peralatan seperti titanium stappler harus di impor dari beberapa negara, seperti Amerika. Anda harus juga menanggung biaya impor alat yang akan digunakan dalam metode bariatrik yang di taman di dalam tubuh Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa harga pembedahan bariatrik cukup tinggi di Indonesia. Namun, bukan berarti operasi bariatrik di Indonesia memang mahal, bahkan jika Anda memutuskan untuk melakukan operasi di negara lain seperti Amerika. Anda akan membayar jauh lebih mahal hanya untuk operasinya saja, yakni mencapai Rp 200 Juta. Oleh karena itu, operasi bariatrik di Indonesia merupakan harga yang dibawah standar harga kesehatan di dunia.

Rekomendasi Dokter Pembedahan Bariatrik

Jika anda sedang mencari salah satu rumah sakit atau dokter yang mengerjakan pembedahan bariatrik, sebaiknya Anda coba kunjungi situs bedahobesitas.id. Di sana ada dokter spesialis yang memang sudah profesional dan berpengalaman yakni Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp.B-KBD. Dia praktek resmi di Rumah Sakit Sumber Waras dan juga di Rumah Sakit Pondok Indah.